Keutamaan Ilmu Syar'i Dan Mempelajarinya

Allah Ta'ala telah memuji ilmu dan pemiliknya serta mendorong hamba-hamba-Nya untuk berilmu dan membekali diri dengannya. Demikian pula Sunnah Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam yang suci.

Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah (wafat th. 751 H) rahimahullaah menyebutkan lebih dari seratus keutamaan Ilmu Syar'i .

Di buku ini penulis hanya sebutkan sebagian kecil darinya. Di antaranya :

[1]. Kesaksian Allah Ta'ala Kepada Orang-Orang Yang Berilmu.
Allah Ta'ala berfirman, "Allah menyatakan bahwasanya tidak ada ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tidak ada ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) melainkan Dia, Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana." [Ali 'Imran: 18]

Pada ayat di atas Allah Ta'ala meminta orang yang berilmu bersaksi terhadap sesuatu yang sangat agung untuk diberikan kesaksian, yaitu keesaan Allah Ta'ala... Ini menunjukkan keutamaan ilmu dan orang-orang yang berilmu. [Al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 21)].

Selain itu, ayat di atas juga memuat rekomendasi Allah tentang kesucian dan keadilan orang-orang yang berilmu. Sesungguhnya Allah hanya akan meminta orang-orang yang adil saja untuk memberikan kesaksian.
  • Di antara dalil yang juga menunjukkan hal ini adalah hadits yang masyhur, bahwasanya Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda :"Ilmu ini akan dibawa oleh para ulama yang adil dari tiap-tiap generasi. Mereka akan memberantas penyimpangan/perubahan yang dilakukan oleh orang-orang yang ghuluw (yang melampaui batas), menolak kebohongan pelaku kebathilan (para pendusta), dan takwil orang-orang bodoh."  [ Hasan lighairihi: Diriwayatkan oleh al-'Uqaily dalam adh-Dhu'afaa-ul Kabir (I/26), Ibnu Abi Hatim dalam al-Jarh wat Ta'dil (II/17) dan lainnya, dari Ibrahim bin 'Abdurrahman al-'Adzry secara mursal. Untuk lebih jelas tentang takhrij hadits ini dapat dilihat dalam Irsyaadul Fuhuul fii Tashhiih Hadiitsil 'Udul (hal. 11-35) karya Syaikh Abu Usamah Salim bin 'Ied al-Hilali].
 
[2]. Orang Yang Berilmu Akan Allah Angkat Derajatnya.  
Allah Subhanahu wa Ta'ala mengabarkan secara khusus tentang diangkatnya derajat orang yang berilmu dan beriman. Allah Ta'ala berfirman, "Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu: 'Berilah kelapangan dalam majelis', maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: 'Berdirilah kamu', maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." [ Al-Mujaadilah : 11] [Al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 26)].
  • Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:"Sesungguhnya Allah mengangkat dengan Al-Qur-an beberapa kaum dan Allah pun merendahkan beberapa kaum dengannya."  [ Hadits shahih: Diriwayatkan oleh Muslim (no. 817)].
  • Di zaman dahulu ada seseorang yang lehernya cacat, dan ia selalu menjadi bahan ejekan dan tertawaan. Kemudian ibunya berkata kepadanya, "Hendaklah engkau menuntut ilmu, niscaya Allah akan mengangkat derajatmu." Sejak itulah, orang itu belajar ilmu syar'i hingga ia menjadi orang alim, sehingga ia diangkat menjadi Qadhi (Hakim) di Makkah selama 20 (dua puluh) tahun. Apabila ada orang yang berperkara duduk di hadapannya, maka gemetarlah tubuhnya hingga ia berdiri. [ Dinukil dari al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 220-221)].
  • Orang yang berilmu dan mengamalkannya, maka kedudukannya akan diangkat oleh Allah di dunia dan akan dinaikkan derajatnya di akhirat. Imam Sufyan bin 'Uyainah (wafat th. 198 H) rahimahullaah mengatakan, "Orang yang paling tinggi kedudukannya di sisi Allah di antara hamba-hamba-Nya adalah para Nabi dan ulama."  [ Al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 223)].
Allah pun telah berfirman tentang Nabi Yusuf 'alaihis salaam:
"...Kami angkat derajat orang yang Kami kehendaki, dan diatas setiap orang yang berpengetahuan itu ada lagi yang Maha Mengetahui." [Yusuf: 76]
  • Disebutkan bahwa tafsir ayat di atas adalah bahwasanya Kami (Allah) mengangkat derajat siapa saja yang Kami kehendaki dengan sebab ilmu. Sebagaimana Kami telah mengangkat derajat Yusuf 'alaihis salaam di atas saudara-saudaranya dengan sebab ilmunya. Lihatlah apa yang diperoleh oleh Nabi 'Isa 'alaihis salaam berupa pengetahuan (ilmu) terhadap Al-Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil.
Dengannyalah Allah Ta'ala mengangkatnya kepada-Nya, mengutamakannya serta memuliakannya. Demikian juga apa yang diperoleh pemimpin anak Adam (yaitu Nabi Muhammad) shallallaahu 'alaihi wa sallam berupa ilmu yang Allah sebutkan sebagai suatu nikmat dan karunia. Allah Ta'ala berfirman:  "... Dan (juga karena) Allah telah menurunkan Kitab (Al-Qur-an) dan hikmah (As-Sunnah) kepadamu dan telah mengajarkan kepadamu apa yang belum engkau ketahui. Karunia Allah yang dilimpahkan kepadamu sangat besar." [An-Nisaa': 113]. [ Al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 238-239), dengan ringkas ]

[3]. Orang Yang Berilmu Adalah Orang-Orang Yang Takut Kepada Allah.
Allah mengabarkan bahwa mereka adalah orang-orang yang takut kepada Allah Ta'ala, bahkan Allah mengkhususkan mereka di antara manusia dengan rasa takut tersebut. Allah berfirman: "... Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya hanyalah para ulama." [Faathir: 28]
  • Ibnu Mas'ud Radhiyallaahu 'anhu berkata, "Cukuplah rasa takut kepada Allah itu disebut sebagai ilmu. Dan cukuplah tertipu dengan tidak mengingat Allah disebut sebagai suatu kebodohan." [ Diriwayatkan oleh ath-Thabrani dalam al-Kabir (no. 8927) dan Ibnu 'Abdil Barr dalam al-Jaami' (II/812, no. 1514)].
  • Imam Ahmad rahimahullaah berkata, "Pokok ilmu adalah rasa takut kepada Allah." [ Fadhlu 'Ilmi Salaf 'alal Khalaf (hal. 52)].
Apabila seseorang bertambah ilmunya, maka akan bertambah rasa takut-nya kepada Allah.

[4]. Ilmu Adalah Nikmat Yang Paling Agung. 
Allah Subhanahu wa Ta'ala menyebutkan beberapa nikmat dan karunia-Nya atas Rasul-Nya (Nabi Muhammad) shallallaahu 'alaihi wa sallam, dan menjadikan nikmat yang paling agung adalah diberikannya Al-Kitab dan Al-Hikmah, dan Allah mengajarkan beliau apa yang belum diketahuinya.
  • Allah berfirman: "... Dan (juga karena) Allah telah menurunkan Kitab (Al-Qur-an) dan hikmah (As-Sunnah) kepadamu dan telah mengajarkan kepadamu apa yang belum engkau ketahui. Karunia Allah yang dilimpahkan kepadamu sangat besar." [An-Nisaa': 113] [ Al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 30)].
  • Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:"Ketahuilah, sesungguhnya aku diberikan Al-Kitab (Al-Qur-an) dan yang sepertinya (As-Sunnah) bersamanya..." [ Hadits shahih: Diriwayatkan oleh Ahmad (IV/131), Abu Dawud (no. 4604), Ibnu Hibban (no. 12) dan lainnya, dari Miqdam bin Ma'di Kariba radhiyallaahu 'anhu].
[5]. Faham Dalam Masalah Agama Termasuk Tanda-Tanda Kebaikan
Dalam ash-Shahiihain dari hadits Mu'awiyah bin Abi Sufyan (wafat th. 78 H) radhiyallaahu 'anhu, ia berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Dia akan memberikan pemahaman agama kepadanya."  [ Hadits shahih: Diriwayatkan oleh Ahmad (I/306, II/234, IV/92, 95, 96), al-Bukhari (no. 71, 3116, 7312), dan Muslim (no. 1037), dari Shahabat Mu'awiyah bin Abi Sufyan radhiyallaahu 'anhuma ]
  • Ini menunjukkan bahwa orang yang tidak diberikan pemahaman dalam agamanya tidak dikehendaki kebaikan oleh Allah, sebagaimana orang yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Dia menjadikannya faham dalam masalah agama. Dan barangsiapa yang diberikan pemahaman dalam agama, maka Allah telah menghendaki kebaikan untuknya. Dengan demikian, yang dimaksud dengan pemahaman (fiqh) adalah ilmu yang mengharuskan adanya amal. [ Al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 49)].
  • Imam an-Nawawi (wafat th. 676 H) rahimahullaah mengatakan, "Di dalam hadits ini terdapat keutamaan ilmu, mendalami agama, dan dorongan kepadanya. Sebabnya adalah karena ilmu akan menuntunnya kepada ketaqwaan kepada Allah Ta'ala."  [ Syarah Shahiih Muslim lil Imam an-Nawawi (VII/128)].
[6]. Orang Yang Berilmu Dikecualikan Dari Laknat Allah.
Imam at-Tirmidzi (wafat th. 249 H) rahimahullaah meriwayatkan dari Abu Hurairah (wafat th. 57 H) radhi-yallaahu 'anhu, ia berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Ketahuilah, sesungguhnya dunia itu dilaknat dan dilaknat apa yang ada di dalamnya, kecuali dzikir kepada Allah dan ketaatan kepada-Nya, orang berilmu, dan orang yang mempelajari ilmu.'"  [ Hadits hasan: Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi (no. 2322), Ibnu Majah (no. 4112), dan Ibnu 'Abdil Barr (I/135, no. 135), dari Shahabat Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu. Lihat Shahiih at-Targhib wat Tarhiib (no. 74). Lafazh ini milik at-Tirmidzi ].

[7]. Menuntut Ilmu Dan Mengajarkannya Lebih Utama Daripada Ibadah Sunnah Dan Wajib Kifayah.
Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Keutamaan ilmu lebih baik daripada keutamaan ibadah, dan agama kalian yang paling baik adalah al-wara' (ketakwaan)." [ Hadits hasan: Diriwayatkan oleh ath-Thabrani dalam Mu'jamul Ausath (no. 3972) dan al-Bazzar dari Hudzaifah bin al-Yaman radhiyallaahu 'anhu, dihasankan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahiih at-Targhiib wat Tarhiib (no. 68), lihat juga Jaami' Bayaanil 'Ilmi wa Fadhlihi (I/106, no. 96)].
  •  'Ali bin Abi Thalib (wafat th. 40 H) Radhiyallaahu 'anhu berkata, "Orang yang berilmu lebih besar ganjaran pahalanya daripada orang yang puasa, shalat, dan berjihad di jalan Allah."  [ Al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 133)].
  •  Abu Hurairah Radhiyallaahu 'anhu berkata, "Sungguh, aku mengetahui satu bab ilmu tentang perintah dan larangan lebih aku sukai daripada tujuh puluh kali melakukan jihad di jalan Allah."  [ Diriwayatkan oleh al-Khathib dalam al-Faqiih wal Mutafaqqih (I/102, no. 52)].
  •  Aku (Ibnul Qayyim) katakan, "Ini -jika shahih- maknanya adalah: lebih aku sukai daripada jihad tanpa ilmu, karena amal tanpa ilmu kerusakannya lebih banyak daripada baiknya."  [ Al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 133)]. 
  •  Al-Hasan rahimahullaah berkata, "Orang yang berilmu lebih baik daripada orang yang zuhud terhadap dunia dan orang yang bersungguh-sungguh dalam beribadah."  [ Jaami' Bayaanil 'Ilmi wa Fadhlihi (I/120, no. 113)].
  •  Sufyan ats-Tsauri (wafat th. 161 H) rahimahullaah mengatakan, "Aku tidak mengetahui satu ibadah pun yang lebih baik daripada mengajarkan ilmu kepada manusia."  [ Jaami' Bayaanil 'Ilmi wa Fadhlihi (I/211, no. 227)].
  •  Imam asy-Syafi'i (wafat th. 204 H) rahimahullaah mengatakan, "Tidak ada sesuatu pun yang lebih baik setelah berbagai kewajiban syari'at daripada menuntut ilmu syar'i."  [ Al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 135)].
[8]. Ilmu Adalah Kebaikan Di Dunia
Mengenai firman Allah Ta'ala, "Wahai Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia"
  • Al-Hasan (wafat th. 110 H) rahimahullaah berkata, "Yang dimaksud kebaikan dunia adalah ilmu dan ibadah." Dan firman Allah, "Dan kebaikan di akhirat." [Al-Baqarah: 201].
  • Al-Hasan rahimahullaah berkata, "Maksudnya adalah Surga." Sesungguhnya kebaikan dunia yang paling agung adalah ilmu yang bermanfaat dan amal yang shalih, dan ini adalah sebaik-baik tafsir ayat di atas. [Al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 141) dan Jaami' Bayaanil 'Ilmi wa Fadhlihi (I/229-230, no. 252 dan 253)].
  • Ibnu Wahb (wafat th. 197 H) rahimahullaah berkata, "Aku mendengar Sufyan ats-Tsauri rahimahullaah berkata, 'Kebaikan di dunia adalah rizki yang baik dan ilmu, sedangkan kebaikan di akhirat adalah Surga.'"  [ Jaami' Bayaanil 'Ilmi wa Fadhlihi (I/230, no. 254)].
[9]. Ilmu Adalah Jalan Menuju Kebahagiaan. 
Imam Ahmad dan at-Tirmidzi meriwayatkan hadits dari Shahabat Abu Kabasyah al-Anmari (wafat th. 13 H) radhiyallaahu 'anhu, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,"...Sesungguhnya dunia diberikan untuk 4 [empat] orang: (1) seorang hamba yang Allah berikan ilmu dan harta, kemudian dia bertaqwa kepada Allah dalam hartanya, dengannya ia menyambung sila-turahmi, dan mengetahui hak Allah di dalamnya. Orang tersebut kedudukannya paling baik (di sisi Allah). (2) Seorang hamba yang Allah berikan ilmu namun tidak diberikan harta, dengan niatnya yang jujur ia berkata, 'Seandainya aku memiliki harta, aku pasti mengerjakan seperti apa yang dikerjakan si fulan.' Ia dengan niatnya itu, maka pahala keduanya sama. (3) Seorang hamba yang Allah berikan harta namun tidak diberikan ilmu. Lalu ia tidak dapat mengatur hartanya, tidak bertaqwa kepada Allah dalam hartanya, tidak menyambung silaturahmi dengannya, dan tidak mengetahui hak Allah di dalamnya. Kedudukan orang tersebut adalah yang paling jelek (di sisi Allah). Dan (4) seorang hamba yang tidak Allah berikan harta tidak juga ilmu, ia berkata, 'Seandainya aku memiliki harta, aku pasti mengerjakan seperti apa yang dikerjakan si fulan.' Ia berniat seperti itu dan keduanya sama dalam mendapatkan dosa."  [ Hadits shahih: Diriwayatkan oleh Imam Ahmad (IV/230-231), at-Tirmidzi (no. 2325), Ibnu Majah (no. 4228), al-Baihaqi (IV/ 189), al-Baghawi dalam Syarhus Sunnah (XIV/289), dan ath-Thabrani dalam Mu'jamul Kabir (XXII/345-346, no. 868-870), dari Shahabat Abu Kabsyah al-Anmari radhiyallaahu 'anhu. Lihat Shahiih Sunan at-Tirmidzi (II/270, no. 1894)].
  • Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam membagi penghuni dunia menjadi 4 [empat] golongan. Golongan yang terbaik di antara mereka adalah orang yang diberikan ilmu dan harta; ia berbuat baik kepada manusia dan dirinya sendiri dengan ilmu dan hartanya. [ Al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarfuhu (hal. 252-253)]. 
[10]. Menuntut Ilmu Akan Membawa Kepada Kebersihan Hati, Kemuliaannya, Kehidupannya, Dan Cahayanya.
Sesungguhnya hati manusia akan menjadi lebih bersih dan mulia dengan mendapatkan ilmu syar'i dan itulah kesempurnaan diri dan kemuliaannya. Orang yang menuntut ilmu akan bertambah rasa takut dan taqwanya kepada Allah. Hal ini berbeda dengan orang yang disibukkan oleh harta dan dunia, padahal harta tidak membersihkan dirinya, tidak menambah sifat kesempurnaan dirinya, yang ada hatinya akan menjadi tamak, rakus, dan kikir.
  • Sesungguhnya mencintai ilmu dan mencarinya adalah akar segala ketaatan, sedangkan mencintai harta dan dunia adalah akar berbagai kesalahan yang menjerumuskan ke Neraka.
  • Setiap Muslim dan Muslimah harus mengetahui bahwa orang yang menuntut ilmu adalah orang yang bahagia karena ia mendengarkan ayat-ayat Al-Qur-an, hadits-hadits Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, dan perkataan para Shahabat. Dengannya hati terasa nikmat dan akan membawa kepada kebersihan hati dan kemuliaan.
[11]. Orang Yang Menuntut Ilmu Akan Dido'akan Oleh Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam. 
Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam mendo'akan orang-orang yang mendengarkan sabda beliau dan memahaminya dengan keindahan dan berserinya wajah.

Beliau shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:"Semoga Allah memberikan cahaya pada wajah orang yang mendengarkan sebuah hadits dari kami, lalu menghafalkannya dan menyampaikannya kepada orang lain. Banyak orang yang membawa fiqih namun ia tidak memahami. Dan banyak orang yang menerangkan fiqih kepada orang yang lebih faham darinya. Ada 3 [tiga] hal yang dengannya hati seorang muslim akan bersih (dari khianat, dengki dan keberkahan), yaitu melakukan sesuatu dengan ikhlas karena Allah, menasihati ulil amri (penguasa), dan berpegang teguh pada jama'ah kaum Muslimin, karena do'a mereka meliputi orang-orang yang berada di belakang mereka." Beliau bersabda, "Barangsiapa yang keinginannya adalah negeri akhirat, Allah akan mengumpulkan kekuatannya, menjadikan kekayaan di hatinya, dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan hina. Namun barangsiapa yang niatnya mencari dunia, Allah akan mencerai-beraikan urusan dunianya, menjadikan kefakiran di kedua pelupuk matanya, dan ia mendapat dunia menurut apa yang telah ditetapkan baginya."  [ Hadits shahih: Diriwayatkan oleh Ahmad (V/183), ad-Darimi(I/75), Ibnu Hibban (no. 72, 73-Mawaarid), Ibnu 'Abdil Barr dalam Jaami' Bayaanil 'Ilmi wa Fadhlihi (I/175-176, no. 184), lafazh hadits ini milik Imam Ahmad, dari 'Abdurrahman bin Aban bin 'Utsman radhiyallaahu 'anhum. Lihat Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah (no. 404) dan al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 70-74)].
  • Seandainya keutamaan ilmu hanyalah ini saja, tentu sudah cukuplah hal itu untuk menunjukkan kemuliaannya.Sebab, Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam berdo'a bagi orang yang mendengar sabda beliau, lalu memahaminya, menghafalnya, dan menyampaikannya. 
Maka, inilah 4 [empat] tingkatan ilmu :
Tingkatan pertama dan ke-dua, yaitu mendengar dan memahaminya. Apabila ia mendengarnya, maka ia pun memahami dengan hatinya. Maksudnya, memikirkan-nya dan menetapkannya di dalam hatinya sebagaimana ditempatkannya sesuatu di dalam wadah yang tidak mungkin bisa keluar darinya. Demikian juga akalnya yang laksana tali kekang unta, sehingga ia tidak lari kesana-kemari. Wadah dan akal itu tidak mempunyai fungsi lain selain untuk menyimpan sesuatu. Tingkatan ke-tiga, yaitu komitmen untuk menghafal ilmu agar ilmu tidak hilang. Tingkatan ke-empat, yaitu menyampaikan ilmu dan menyebarkannya kepada ummat agar ilmu membuahkan hasilnya, yaitu tersebar luas di tengah-tengah masyarakat.

Barangsiapa melakukan keempat tingkatan di atas, maka ia masuk dalam do'a Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam yang mencakup keindahan fisik dan psikis. Sesungguhnya kecerahan adalah hasil dari pengaruh iman, kebahagiaan batin, kegembiraan hati dan kesenangannya, kemudian hal itu menampakkan kecerahan, kebahagiaan, dan berseri-serinya wajah. Allah Ta'ala berfirman: "Kamu dapat mengetahui dari wajah mereka kesenangan hidup mereka yang penuh kenikmatan." [Al-Muthaffifiin: 24].

Jadi, kecerahan dan berseri-serinya wajah seseorang yang mendengar Sunnah Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam, lalu memahami, menghafal, dan menyampaikannya adalah hasil dari kemanisan, kecerahan, dan kebahagiaan di dalam hati dan jiwanya. [ Al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarfuhu (hal. 70-72)].

Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam mendo'akan perawi hadits dengan kebaikan dan keelokan wajah, baik di dunia maupun di akhirat. Dikatakan bahwa maknanya adalah Allah Ta'ala menyampaikannya pada kenikmatan Surga.
  • Perawi hadits yang dido'akan oleh Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam dengan keelokan wajah adalah perawi lafazh hadits, meskipun ia belum memahami semua makna hadits. Betapa banyak orang yang membawa fiqih kepada orang yang lebih faham daripadanya. Meskipun selamanya ia tidak memiliki pemahaman terhadap hadits. Banyak pembawa fiqih yang tidak memiliki pemahaman (yang memadai). Ini menunjukkan tentang disyari'atkannya meriwayatkan hadits tanpa (harus) memahaminya (terlebih dahulu). Bahkan hal ini menunjukkan disukainya hal tersebut. Juga menunjukkan bahwa meriwayatkan hadits tanpa pengetahuannya terhadap pemahaman hadits tersebut adalah perbuatan terpuji, tidak tercela. Dengan perbuatan itu, ia berhak mendapatkan do'a Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam. [ Lihat Nashaa-ih Manhajiyyah li Thaalibis Sunnah an-Nabawiyyah (hal. 38-39)].
[12]. Menuntut Ilmu Adalah Jihad Di Jalan Allah Dan Orang Yang Menuntut Ilmu Laksana Mujahid Di Jalan Allah subhanahu wa Ta'ala.
Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda,
"Barangsiapa yang memasuki masjid kami ini (masjid Nabawi) dengan tujuan mempelajari kebaikan atau mengajarkannya, maka ia laksana orang yang berjihad di jalan Allah Ta'ala. Dan barangsiapa yang memasukinya dengan tujuan selain itu, maka ia laksana orang yang sedang melihat sesuatu yang bukan miliknya."  [ Hadits hasan: Diriwayatkan oleh Ibnu Hibban (no. 87-at-Ta'liiqaatul Hisaan), Ibnu Majah (no. 227), Ahmad (II/350, 526-527), Ibnu Abi Syaibah (no. 33061), dan al-Hakim (I/91), dari Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu].

Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullaah mengatakan, "Jihad melawan hawa nafsu memiliki 4 [empat] tingkatan:
[1] berjihad untuk mempelajari petunjuk (ilmu yang bermanfaat) dan agama yang benar (amal shalih). Seseorang tidak akan mencapai kesuksesan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat kecuali dengannya.
[2] berjihad untuk mengamalkan ilmu setelah mengetahuinya.
[3]berjihad untuk mendakwahkan ilmu dan mengajarkannya kepada orang yang belum mengetahuinya.
[4] berjihad untuk sabar dalam berdakwah kepada Allah Ta'ala dan sabar terhadap gangguan manusia. Dia menanggung kesulitan-kesulitan dakwah itu semata-mata karena Allah. Apabila keempat tingkatan ini telah terpenuhi pada dirinya, maka ia termasuk orang-orang yang Rabbani. [ Zaadul Ma'aad fii Hadyi Khairil 'Ibaad (III/10). Lihat Syarah Tsa-latsatil Ushuul (hal. 25-26), karya Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullaah].
  • Abu Darda Radhiyallaahu 'anhu mengatakan, "Barangsiapa berpendapat bahwa pergi mencari ilmu tidak termasuk jihad, sungguh, ia kurang akalnya." [ Al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 145)]. 
  • Berjihad dengan hujjah (dalil) dan keterangan didahulukan atas jihad dengan pedang dan tombak. Allah berfirman kepada Rasul-Nya shallallaahu 'alaihi wa sallam agar berjihad dengan Al-Qur-an melawan orang-orang kafir. "Maka janganlah kamu mengikuti orang-orang kafir, dan berjihadlah terhadap mereka dengan Al-Qur-an dengan jihad yang besar." [Al-Furqaan: 52]. Nabi Shallallaahu 'alaihi wa sallam diperintahkan berjihad melawan orang-orang kafir dan munafik dengan cara menyampaikan hujjah (dalil dan keterangan). 
  • Imam Ibnul Qayyim rahimahullaah berkata, "Jihad dengan hujjah (dalil) dan keterangan didahulukan atas jihad dengan pedang dan tombak." [ Syarah Qashidah Nuuniyyah (I/12) oleh Syaikh Muhammad Khalil Hirras].
[13]. Pahala Ilmu Yang Diajarkan Akan Tetap Mengalir Meskipun Pemiliknya Telah Meninggal Dunia.
Disebutkan dalam Shahiih Muslim, dari Shahabat Abu Hurairah Radhiyallaahu 'anhu, dari Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Jika seorang manusia meninggal dunia, maka pahala amalnya terputus, kecuali tiga hal: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendo'akannya."  [ Hadits shahih: Diriwayatkan oleh Muslim (no. 1631), al-Bukhari dalam Adabul Mufrad (no. 38), Abu Dawud (no. 2880), an-Nasa-i (VI/251), at-Tirmidzi (no. 1376), Ahmad (II/372), al-Baihaqi (VI/ 278), lafazh ini milik at-Tirmidzi. Lihat Irwaa-ul Ghaliil (no. 1580)].
  • Hadits ini adalah dalil terkuat tentang keutamaan dan kemuliaan ilmu serta besarnya buah dari ilmu. Sesungguhnya pahala ilmu tetap diterima oleh orang yang bersangkutan selama ilmunya diamalkan orang lain. Seolah-olah ia tetap hidup dan amalnya tidak terputus. Ini disamping kenangan dan sanjungan yang dialamatkan kepadanya. Tetap mengalirnya pahala untuk dirinya pada saat pahala amal perbuatan telah terputus dari manusia adalah kehidupan kedua baginya.
  • Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam hanya mengkhususkan ke-3 [tiga] hal di atas yang pahalanya tetap diterima oleh si mayit karena ia (si mayit) adalah penyebab keberadaan ketiga hal tersebut.  Karena ia menjadi sebab terbentuknya anak shalih, shadaqah jariyah, dan ilmu yang bermanfaat, maka pahalanya tetap mengalir kepadanya. Seorang hamba mendapatkan pahala karena tindakannya langsung atau tindakan yang dilahirkan (tindakan tidak langsung) darinya.
Kedua prinsip ini disebutkan oleh Allah Ta'ala dalam firman-Nya,
"Yang demikian itu ialah karena mereka (para Mujahidin) tidak ditimpa kehausan, kepayahan dan kelaparan pada jalan Allah. Dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orang kafir, dan tidak menimpakan suatu bencana kepada musuh, kecuali (semua) itu akan dituliskan bagi mereka sebagai suatu amal shalih. Sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik." [At-Taubah: 120]

Kesemua hal di atas lahir dari tindakan mereka dan tidak ditakdirkan bagi mereka. Yang ditakdirkan bagi mereka ialah sebab-sebabnya yang mereka lakukan secara langsung. Maksudnya, bahwa haus, payah, lapar, dan membangkitkan amarah musuh bukanlah karena (sengaja) mereka lakukan demikian, lalu ditulis jadi amal shalih. Akan tetapi, hal ini timbul dari perbuatan mereka (yaitu jihad fi sabilillaah) karena itu ditulis bagi mereka sebagai amal shalih. [ Lihat al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 242-243)].

[14]. Dengan Menuntut Ilmu, Kita Akan Berfikir Yang Baik, Benar, Mendapatkan Pemahaman Yang Benar, Dan Dapat Mentadabburi Ayat-Ayat Allah subhanahu wataala.
  • 'Umar bin 'Abdul 'Aziz rahimahullaah mengatakan, "Memikirkan nikmat-nikmat Allah termasuk ibadah yang paling utama." [ Al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 254)]. 
Tidak ada sesuatu yang lebih bermanfaat bagi hati daripada membaca Al-Qur-an dengan tadabbur dan tafakkur. Karena hal itu mengumpulkan semua kedudukan orang yang berjalan kepada Allah, keadaan orang-orang yang mengamalkan ilmunya, dan kedudukan orang-orang yang bijaksana. Hal inilah yang mewariskan rasa cinta, rindu, takut, harap, kembali kepada Allah, tawakkal, ridha, penyerahan diri, syukur, sabar dan segala keadaan yang dengannya hati menjadi hidup dan sempurna.

Seandainya manusia mengetahui apa yang terdapat dalam membaca Al-Qur-an dengan tadabbur, maka ia akan lebih menyibukkan diri dengannya daripada selainnya. Apabila ia melewati ayat yang dibutuhkannya untuk mengobati hatinya, maka ia akan mengulang-ulangnya meskipun sampai seratus kali, walaupun ia menghabiskan satu malam. Membaca Al-Qur-an dengan memikirkan dan memahaminya lebih baik daripada membacanya sampai khatam tanpa mentadabburi dan memahaminya, lebih bermanfaat bagi hati dan lebih membantu untuk memperoleh keimanan dan merasakan manisnya Al-Qur-an. Membaca Al-Qur-an dengan memikirkannya adalah pokok kebaikan hati. [ Al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 262)].
  • Al-Hasan al-Bashri rahimahullaah mengatakan, "Al-Qur-an diturunkan untuk diamalkan, maka jadikanlah membacanya sebagai salah satu pengamalannya." [ Al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 263)].
[15]. Ilmu Lebih Baik Daripada Harta. 
Keutamaan ilmu atas harta dapat diketahui dari beberapa segi:
  • Pertama :  Ilmu adalah warisan para Nabi, sedangkan harta adalah warisan para raja dan orang-orang kaya.
  • Kedua :  Ilmu akan menjaga pemiliknya, sedangkan pemilik harta menjaga hartanya.
  • Ketiga :  Ilmu adalah penguasa atas harta, sedangkan harta tidak berkuasa atas ilmu.
  • Keempat :  Harta akan habis dengan dibelanjakan, sedangkan ilmu akan bertambah jika diajarkan.
  • Kelima :  Apabila meninggal dunia, pemilik harta akan berpisah dengan hartanya, sedangkan ilmu akan masuk bersamanya ke dalam kubur.
  • Keenam :  Harta dapat diperoleh orang-orang mukmin maupun kafir, orang baik maupun orang jahat. Sedangkan ilmu yang bermanfaat hanya dapat diperoleh orang-orang yang beriman.
  • Ketujuh :  Orang yang berilmu dibutuhkan oleh para raja dan selain mereka, sedangkan pemilik harta hanya dibutuhkan oleh orang-orang miskin.
  • Kedelapan : Jiwa akan mulia dan bersih dengan mengumpulkan ilmu dan berusaha memperolehnya -hal itu termasuk kesempurnaan dan kemuliaannya- sedangkan harta tidak membersihkannya, tidak menyempurnakannya bahkan tidak menambah sifat kemuliaan.
  • Kesembilan :  Harta itu mengajak jiwa kepada bertindak sewenang-wenang dan sombong, sedangkan ilmu mengajaknya untuk rendah hati dan melaksanakan ibadah.
  • Kesepuluh :  Ilmu membawa dan menarik jiwa kepada kebahagiaan yang Allah ciptakan untuknya, sedangkan harta adalah penghalang antara jiwa dengan kebahagiaan tersebut.
  • Kesebelas :  Kekayaan ilmu lebih mulia daripada kekayaan harta karena kekayaan harta berada di luar hakikat manusia, seandainya harta itu musnah dalam satu malam saja, jadilah ia orang yang miskin, sedangkan kekayaan ilmu tidak dikhawatirkan kefakirannya, bahkan ia akan terus bertambah selamanya, pada hakikatnya ia adalah kekayaan yang paling tinggi.
  • Kedua belas :  Mencintai ilmu dan mencarinya adalah pokok segala ketaatan, sedangkan cinta dunia dan harta dan mencarinya adalah pokok segala kesalahan.
  • Ketiga belas :  Nilai orang kaya ada pada hartanya dan nilai orang yang berilmu ada pada ilmunya. Apabila hartanya lenyap, lenyaplah nilainya dan tidak tersisa tanpa nilai, sedangkan orang yang berilmu nilai dirinya tetap langgeng, bahkan nilainya akan terus bertambah.
  • Keempat belas :  Tidaklah satu orang melakukan ketaatan kepada Allah Ta'ala, melainkan dengan ilmu, sedangkan sebagian besar manusia berbuat maksiat kepada Allah lantaran harta mereka.
  • Kelima belas :  Orang yang kaya harta selalu ditemani dengan ketakutan dan kesedihan, ia sedih sebelum mendapatkannya dan merasa takut setelah memperoleh harta, setiap kali hartanya bertambah banyak, bertambah kuat pula rasa takutnya. Sedangkan orang yang kaya ilmu selalu ditemani rasa aman, kebahagiaan, dan kegembiraan. Wallaahu a'lam. [ Lihat kitab al-'Ilmu Fadhluhu wa Syarafuhu (hal. 160-163)].

[Disalin dari buku Menuntut Ilmu Jalan Menuju Surga "Panduan Menuntut Ilmu", Penulis Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Penerbit Pustaka At-Taqwa, PO BOX 264 – Bogor 16001 Jawa Barat – Indonesia, Cetakan Pertama Rabi'uts Tsani 1428H/April 2007M]

Sumber: http://www.almanhaj.com/


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger