Abul ‘Abbas Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menyampaikan pelajaran sangat berharga. Dalam Majmu’ Al Fatawa, beliau rahimahullah berkata,
Boleh jadi seorang itu diberi taufik untuk melakukan amalan yang kurang afdhol dan tidak diberi taufik untuk melakukan amalan yang afdhol. Buktinya orang tersebut dimudahkan untuk melakukan amalan yang kurang afdhol dan tidak diberi kemudahan untuk melakukan amalan yang afdhol. Dalam kondisi semisal ini, amalan yang kurang afdhol itu menjadi amalan yang afdhol untuk orang tersebut dikarenakan dia tidak mampu melakukan amalan yang afdhol..” [2].
***
Dari penjelasan Ibnu Taimiyah rahimahullah di atas ada 3 [tiga] pelajaran penting yang bisa kita tarik:
أَفْضَلُ الْعِبَادَاتِ الْبَدَنِيَّةِ الصَّلَاةُ ثُمَّ الْقِرَاءَةُ ثُمَّ الذِّكْرُ ثُمَّ الدُّعَاءُ وَالْمَفْضُولُ فِي وَقْتِهِ الَّذِي شُرِعَ فِيهِ أَفْضَلُ مِنْ الْفَاضِلِ
كَالتَّسْبِيحِ فِي الرُّكُوعِ وَالسُّجُودِ فَإِنَّهُ أَفْضَلُ مِنْ الْقِرَاءَةِ وَكَذَلِكَ الدُّعَاءُ فِي آخِرِ الصَّلَاةِ أَفْضَلُ مِنْ الْقِرَاءَةِ ثُمَّ قَدْ يُفْتَحُ
عَلَى الْإِنْسَانِ فِي الْعَمَل الْمَفْضُولِ مَا لَا يُفْتَحُ عَلَيْهِ فِي الْعَمَلِ الْفَاضِلِ . وَقَدْ يُيَسَّرُ عَلَيْهِ هَذَا دُونَ هَذَا فَيَكُونُ هَذَا أَفْضَلَ
فِي حَقِّهِ لِعَجْزِهِ عَنْ الْأَفْضَلِ
“Sebaik-baik ibadah badan adalah shalat, lalu qiro’ah (membaca Al Qur’an), kemudian berdzikir, lalu do’a. Amalan yang kurang afdhol bisa menjadi lebih afdhol jika dilakukan pada waktu yang disyari’atkan. Seperti tasbih (bacaan “subhanallah”) dianjurkan dibaca ketika ruku’ dan sujud. Bacaan tasbih kala itu lebih utama daripada seseorang memilih membaca Al Qur’an. Begitu pula berdo’a di akhir shalat itu lebih utama daripada seseorang langsung membaca Al Qur’an. [1].
Boleh jadi seorang itu diberi taufik untuk melakukan amalan yang kurang afdhol dan tidak diberi taufik untuk melakukan amalan yang afdhol. Buktinya orang tersebut dimudahkan untuk melakukan amalan yang kurang afdhol dan tidak diberi kemudahan untuk melakukan amalan yang afdhol. Dalam kondisi semisal ini, amalan yang kurang afdhol itu menjadi amalan yang afdhol untuk orang tersebut dikarenakan dia tidak mampu melakukan amalan yang afdhol..” [2].
***
Dari penjelasan Ibnu Taimiyah rahimahullah di atas ada 3 [tiga] pelajaran penting yang bisa kita tarik:
- Amalan ibadah badan yang paling afdhol dengan urutan sebagai berikut; shalat, membaca Al Qur’an, berdzikir dan berdo’a.
- Hendaknya kita memilih waktu yang tepat melakukan suatu amalan. Karena kadang ada suatu amalan yang kurang afdhol bisa menjadi lebih utama jika dilakukan pada waktu yang disyari’atkan.
- Hendaklah pintar-pintar dalam memanage amalan, jangan hanya asal beramal, apalagi jauh dari tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
30 Syawal 1431 H, Riyadh, King Saud University, Kingdom of Saudi Arabia
Written by: Muhammad Abduh Tuasikal
[1] Pendapat Ibnu Taimiyyah adalah membid'ahkan doa setelah salam. Akhir shalat dalam pandangan beliau adalah setelah tasyahud sebelum salam..
[2] Majmu’ Al Fatawa, Ahmad bin Abdul Halim Al Haroni Ibnu Taimiyah, Darul Wafa’, cetakan ketiga, 1426, 10/401
0 komentar:
Posting Komentar